MOBIL SIAGA DESA BEBAS BIAYA SEWA

GUBUG-Pemerintah Desa (Pemdes) Ringinkidul, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan menganggarkan pembelian mobil siaga. Hal tersebut sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan warga terkait masalah transportasi dalam keadaan darurat seperti masalah kesehatan dan kebutuhan lainnya.

Kepala Desa Ringinkidul Muhammad Sodig mengatakan ada dua hal yang terpenting dalam indeks pembangunan manusia. Pertama kesehatan dan kedua mengenai pendidikan. Pada poin kedua mengenai kesehatan, diharapkan dengan tersediannya mobil siaga desa yang baru dibelinya dengan menggunakan Dana Desa (DD) dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam urusan transportasi, terutama keadaan darurat seperti mengantar ibu melahirkan ke rumah sakit atau sejenisnya.

Dengan tersediannya mobil siaga tersebut, warga tidak perlu lagi mencari kendaraan umum untuk keperluan yang mendesak. Dengan mobil itu mereka dibebaskan dari biaya sewa atau biaya lainnya yang memberatkan.

“Diharapkan dengan tersediannya mobil ini dapat bermanfaat bagi mereka yang betul-betul membutuhkan. Mobil tersebut akan selalu siaga 24 jam di kantor desa dan dapat dipergunakan masyarakat Desa Ringinkidul untuk keperluan pelayanan kesehatan atau lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Deny Pramudya selaku pendamping desa wilayah Gubug merespons dengan baik pembelian mobil siaga desa yang dilakukan Pemerintah Desa Ringinkidul.  Ia menilai pemerintah desa memperhatikan masyarakatnya terutama dalam pelayanan transportasi yang sebelumnya sangat terbatas.

“Mobil pelayanan siaga desa adalah salah satu amanat Undang-Undang Desa Nomor 6 tahun 2014, dan sebagai salah satu bentuk indikator pelayanan sosial dasar dan Permendesa No 2 tahun 2016 mengenai Indeks Desa Membangun (IDM). Mudah-mudahan pemerintah desa dan masyarakat terus bersinergi dalam menciptakan inovasi baru yang terus digali dalam setiap potensi yang ada,” ujarnya. (add-pos, Kamis, 5/12/2019)

By Pemdes

Pemdes Ringinkidul

Leave a comment