RINGINKIDUL MENUJU DESA SIAGA DAN STBM

Kelurahan Ringinkidul Kecamatan Gubug.

“Sesuai dengan program pemerintah, Desa Ringinkidul menyiapkan diri menuju Desa STBM, dengan menerapkan lima pilar sebagai indikator STBM, yakni stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, pengelolaan air minum dan makanan di rumah tangga, pengelolaan sampah di rumah tangga, dan pengelolaan limbah cair di rumah tangga,” kata Dinkes Kecamatan Gubug, Arif Rahman, Jum’at (31/01).

Sekretaris Desa RinginkidulĀ  Sugiyanto, berharap kedepan jumlah desa dan kelurahan yang berhasil menerapkan STBM terus bertambah sekaligus membidik Desa Ringinkidul sebagai Desa STBM.

Dijelaskan Sekdes, program sanitasi total berbasis masyarakat menitikberatkan pada pendekatan partisipasif dan pemberdayaan, dengan cara masyarakat mengindentifikasi masalah sanitasi memetakan dan mengatasi permasalahan sanitasi melalui pemicuan.

Dari lima pilar STBM yang ada tahap pertama dititik beratkan pada pilar pertama stop buang air besar sembarangan. Desa Ringinkidul sudah mendeklarasikan sebagai desa ODF atau Open Defecation Free pada tahun 2017 yang artinya 100 persen masyarakat sudah akses ke jamban sehat,ā€ tandas Sekdes. [PEMDES2020]

By Pemdes

Pemdes Ringinkidul

Leave a comment